Festival Dolanan Anak

IMG_6445Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman yang ke – 99, serta untuk melestarikan permainan/dolanan anak tradisional, Pemerintah Kecamatan Tempel menyelenggarakan kegiatan Festival Dolanan Anak yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Selasa dan Rabu, 5 – 6 Mei 2015.

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak PAUD dan Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah Kecamatan Tempel. Adapun beberapa Lomba yang dilaksanakan antara lain : Lomba tari, Lomba Gobhak sodor, Lomba Egrang, Lomba Dimas Diajeng, dll.

Pada hari pertama, Selasa, 5 Mei 2015 pelaksanaan kegiatan lomba berada di 3 lokasi, yaitu di Pendopo Kecamatan Tempel untuk Lomba Tari tingkat PAUD, di Sub Terminal Agribisnis (STA) untuk Lomba Dimas Diajeng tingkat SD/MI, dan di Lapangan Lumbungrejo untuk permainan dolanan anak.

Hari berikutnya, Rabu, 6 Mei 2015 merupakan puncak acara, dimana semua peserta Festival Doalanan Anak beserta para pembimbing/orang tua mengikuti pawai mengelilingi beberapa wilayah di Kecamatan Tempel dan dilanjutkan dengan Pentas Seni serta pengumuman juara bagi para peserta di Lapangan Lumbungrejo. Acara ini juga dihadiri oleh unsur Muspika Kec. Tempel, Kepala Desa se-Kecamatan Tempel, Ketua Tim Penggerak PKK se-Kec. Tempel, serta Kepala Sekolah dan Instansi terkait. Pada kesempatan ini Bapak Camat Tempel turut membuka acara dengan memukul gong dan diikuti oleh semua peserta Festival Dolanan Anak.

Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat mengenalkan dan melestarikan permainan tradisional yang mungkin beberapa sudah ditinggalkan dikarenakan kemajuan zaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *