Peringatan Hari lingkungan Hidup di Kadirojo, Margorejo

IMG_6521Dusun Kadirojo Margorejo Tempel dipilih sebagai tempat Puncak Hari Lingkungan Hidup Se Dunia 2015. Acara dilaksanakan Jum’at 12 Juni 2015 ditandai dengan penyerahan hadiah lomba Lingkungan Hidup, Lomba Cerdas Cermat lingkungan hidup tingkat SMP/MTS dan SMK/SMA/MA, lomba pembuatan film dokumenter bidang lingkungan hidup, lomba emisi dan uji petik kendaraan bermotor roda 4, lomba kebersihan dan keteduhan kota se wilayah Kabupaten Sleman dan program penilaian perangkat kinerja perusahaan. Juga dilakukan penanaman bibit tanaman buah kepel dan pelepasan burung oleh Bupati Sleman, Direktur RSUP Dr. Sarjito dan Kepala BLH Sleman. Selain itu juga diadakan upacara susur kali dan doa untuk memohon berkah agar air dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran warga Margorejo Khususnya, Sleman dan DIY.

Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, MSI dalam sambutannya mencuplik sambutan Menteri Siti Nurbaya mengatakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup dunia bertujuan untuk menegaskan komitmen dan aksi pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup semua negara di dunia, yang telah menjadi kesepakatan dan gerakan bangsa-bangsa di dunia. Di Indonesia, peringatan dimaksud dapat dieksplorasi lebih berarti lagi terutama dengan mengajak dan melibatkan secara aktif masyarakat serta spontanitas, kreativitas dan modal sosial yang kita miliki di daerah-daerah, sebagai bangsa, dalam menjaga sumber kekayaan alam kita yang merupakan salah satu unsur penting dalam membangun dan menjaga ketahanan nasional kita.

Badan Lingkungan Hidup Dunia atau United Nations Environment Programme (UNEP) menetapkan tema peringatan World Environmental Day tahun 2015 yaitu “Seven Billion Dreams, One Planet, Consume With Care”. Untuk peringatan di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan tema “Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi”. Tema global ini merujuk dengan agenda aksi Sustainable Consumption and Production/SCP yang telah disepakati dalam Konferensi Pembangunan Berkelanjutan (Rio+20) bulan Juni 2012. Saat ini bumi berpenghuni sekitar 7,2 milyar jiwa. Untuk itu diperlukan sumberdaya alam yang besar untuk pemenuhan kebutuhan dasar untuk pewujudan kesejahteraan, melalui kegiatan konsumsi dan produksi dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan konsumsi dan produksi tersebut dapat menimbulkan tekanan yang besar pada keberlanjutan sumberdaya alam dan kualitas lingkungan hidup.

 

Dalam kesempatan ini Kecamatan Tempel meraih juara I untuk lomba emisi dan uji petik kendaraan dinas roda 4, juara I kategori Perintis Lingkungan Hidup, Juara II Kategori Pengabdi Lingkungan Hidup, dan juara IV Kategori Blue lomba Green and Clean tingkat Kabupaten Sleman.

 

Sumber : http://www.slemankab.go.id/7226/sleman-peringati-hari-lh-se-dunia-di-kadirojo-tempel.slm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *