Profil

KECAMATAN TEMPEL

Kecamatan Tempel merupakan salah satu Kecamatan yang terletak di Kabupaten Sleman yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Letak ibukota kecamatan berada di Padukuhan Tempel, Lumbungrejo, Tempel, Sleman. Koordinat wilayah ibukota Kecamatan berada di 7.39 38 1′ LS dan 110.19 35 9′ BT.

Kecamatan Tempel terbagi dalam 8 Desa dan 98 Padukuhan

 

Pembagian Administratif Desa

1. Desa Merdikorejo

2. Desa Lumbungrejo

3. Desa Margorejo

4. Desa Mororejo

5. Desa Pondokrejo

6. Desa Sumberrejo

7. Desa Tambakrejo

8. Desa Banyurejo

 

Mengungkap sejarah merupakan perjalanan yang rumit dan melelahkan. Setidaknya pengalaman tersebut dapat dipetik dari upaya Dati II Sleman untuk menentukan hari jadinya. Setelah melalui penelitian, pembahasan, dan perdebatan bertahun-tahun, akhirnya hari jadi Kabupaten Dati II Sleman disepakati. Perda no.12 tahun 1998 tertanggal 9 Oktober 1998, metetapkan tanggal 15 (lima belas) Mei tahun 1916 merupakan hari jadi Sleman. Di sini perlu ditegaskan bahwa hari jadi Sleman adalah hari jadi Kabupaten Sleman, bukan hari jadi Pemerintah Kabupaten Dati II Sleman. Penegasan ini diperlukan mengingat keberadaan Kabupaten Sleman jauh sebelum Proklamasi 17 Agustus 1945 sebagai wujud lahirnya negara Indonesia modern, yang memunculkan Pemerintah Kabupaten Dati II Sleman.

Keberadaan hari jadi Kabupaten Sleman memiliki arti penting bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk memantapkan jati diri, sebagai landasan yang menjiwai gerak langkah ke masa depan. Penetapan hari jadi ini akan melengkapi identitas yang saat ini dimiliki Kabupaten Sleman.

Dalam perhitungan Almanak, hari jadi Kabupaten Sleman jatuh pada hari Senin Kliwon, tanggal 12 (dua belas) Rejeb tahun Je 1846 Wuku Wayang. Atas dasar perhitungan tesebut ditentukan surya sengkala (perhitungan tahun Masehi) Rasa Manunggal Hanggatra Negara yang memiliki arti Rasa = 6, manunggal = 1, Hanggatra = 9, Negara = 1, sehingga terbaca tahun 1916. Sementara menurut perhitungan Jawa (Candra Sengkala) hari jadi Kabupaten Sleman adalah Anggana Catur Salira Tunggal yang berarti Anggana = 6, Catur = 4, Salira = 8, Tunggal = 1, sehingga terbaca tahun 1846. Kepastian keberadaan hari jadi Kabupaten Sleman didasarkan pada Rijksblad no. 11 tertanggal 15 Mei 1916. Penentuan hari jadi Kabupaten Sleman dilakukan melalui penelaahan berbagai materi dari berbagai sumber informasi dan fakta sejarah.

 

6 thoughts on “Profil

  1. Kalau bisa per desa diberi link untuk profilny sekalian foto dan data statistik kependudukan. Trims

    1. terima kasih atas kritik dan masukan saudara, selanjutnya akan kami tampung untuk mengembangkan website ini untuk kedepanya.

  2. tolong data difabelnya juga dimasukkan agar pemerintah kabupaten bisa mengetahui seberapa banyak warganya yang mengalami disabilitas

    1. Terima kasih atas kritik dan tanggapan saudara, Mohon maaf untuk sementara ini data difabel belum dapat kami akomodasi lewat website, Untuk sementara apabila saudara menginginkan data difabel dapat menghubungi langsung TKSK Kecamatan Tempel serta seksi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Tempel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *