Dukung Perkembangan UMKM dengan Launching Gerbang UMKM

Dalam rangka meningkatkan inovasi di sektor perekonomian masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk penanggulangan kemiskinan di Kecamatan Tempel, kami menyelenggarakan Launching dan Bazar Gelar Potensi UMKM dengan Tema “GERBANG UMKM (Gerakan Membangun UMKM)” untuk mewadahi  para pelaku UMKM dan komponen pelaku ekonomi lainya yang terdiri dari 8 Desa di wilayah Kecamatan Tempel.

Tepatnya hari Senin, 28 Oktober 2019 Pemerintah Kecamatan Tempel menyelenggarakan Bazar Gelar Potensi UMKM dan Launching Gerbang UMKM yang didalamnya terdapat stand produk-produk unggulan yang ada di kecamatan Tempel yaitu Sentra Industri Jamu yang sudah dikukuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman di padukuhan Gesikan, Desa Merdikorejo, Juga olahan salak yang berada di beberapa Desa yaitu Desa Merdikorejo, Lumbungrejo, dan Margorejo, serta produk Bebek Bacem yang berada di Nglengis Gondang, Desa Banyurejo. Akan tetapi tidak hanya 3 produk tersebut, kami juga mempunyai potensi-potensi lain yang tersebar di 8 Desa yang kami gelar dalam Bazar Gelar Potensi UMKM hari ini.

Dari segi budaya dan pariwisata kami juga mempunyai beberapa potensi seperti kesenian badui, rampak buto, kubro siswo, dan masih banyak lagi yang juga merupakan binaan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. Serta dari segi pariwisata juga kami mempunyai beberapa objek pariwisata yang butuh pengmbangan seperti taman Gambrengan, Tumpon Resort, dan makam Mudodiningrat.

Serta dalam hal mendukung para pelaku usaha khususnya di bidang olahan makanan kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman lewat Puskesmas Tempel II yang memberikan sertifikasi aman kepada kelompok pedagang keliling yang berjualan di sekolah-sekolah berupa stiker yang menndakan bahwa makanan yang mereka jual aman dan tidak membahayakan bagi masyarakat khususnya anak-anak. Dan juga kami bekerja sama dengan SLB C Wiyata Dharma 2 yang juga menampilkan potensi-potensi dari para murid-muridnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Sleman melaunching Gerbang UMKM ditandai dengan pemukulan gong dengan disaksikan oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Sleman, Camat Tempel, dan Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Tempel dan dilanjutkan dengan melaunching aplikasi Gerbang UMKM yang mewadahi semua UMKM yang ada di Kecamatan Tempel dalam suatu aplikasi berbasis android sehingga masyarakat luas dapat mengakses melalui handphone potensi-potensi UMKM yang ada di Kecamatan Tempel. Dan juga kami bermaksud melaunching logo UMKM di Kecamatan Tempel yang kami beri nama gandeng ceneng serta penandatanganan deklarasi penggunaan dan pemanfaatan produk UMKM yang ada di Kecamatan tempel oleh semua Desa, Instansi Teknis, maupun para pelaku usaha yang ada.

Semoga dengan kegiatan ini dapat membantu mengangkat UMKM yang ada di Kabupaten Sleman khususnya Kecamatan Tempel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *