Minimalkan Makanan Tidak Layak Konsumsi, Puskesmas Tempel I & II Lakukan Pemantauan Edar Makanan

Dalam rangka untuk meminimalkan peredaran makanan kadaluarsa ataupun makanan yang sudah tidak layak konsumsi ditambah lagi ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri maka Puskesmas Tempel I & II melakukan Pemantauan Edar makanan di wilayah Kapanewon Tempel.

Kamis (6/5/2021) Tim Puskesmas Tempel II bekerjasama dengan Kapanewon, Kalurahan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas melakukan pemantauan di wilayah kerja Puskesmas Tempel II. Sebelumnya seluruh tim berkumpul di Pendopo Kapanewon untuk melakukan koordinasi sebelum dilakukan pemantauan yang dipimpin langsung oleh Panewu Tempel, dan sasaran lokasi dimulai dari wilayah Puskesmas Tempel II sisi utara, yaitu di toko-toko seputaran jalan Tempel-Klangon mulai dari Pondokrejo sampai dengan Banyurejo dan juga di Pasar Gendol. Dalam kegiatan ini didapatkan sebagian besar pedagang / toko sudah melakukan pemilahan untuk produk yang sudah memasuki kadaluarsa untuk tidak dijual dan disendirikan, walaupun masih terdapat 1-2 pedagang yang diketemukan masih menjual produk/barang yang sudah memasuki masa kadaluarsa dan langsung diberikan pembinaan untuk menarik barang tersebut untuk tidak diperjualbelikan.

Selanjutnya untuk Puskesmas Tempel I pemantauan dilaksanakan pada hari Senin (10/5/2021) dengan titik lokasi di Pasar Tempel dengan sasaran semua pedagang yang ada di Pasar Induk Tempel. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Kapanewon, Polsek, Koramil, dan UPT Pasar Tempel.

Dalam kegiatan ini tim juga sekaligus melakukan survey ketersediaan stok bahan pokok dan juga cek harga pasar seperti saat ini mendekati Hari Raya Idul Fitri dan juga sekaligus dilakukan pengambilan sampel makanan oleh Tim dari Puskesmas Tempel I & II khususnya untuk makanan mentah seperti mie, tahu, bakso, ikan bandeng, dll. untuk mengecek agar dalam makanan tersebut tidak terdapat bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *