Perpustakaan Banyurejo Ikuti Penilaian Tingkat DIY

Pada hari Selasa tanggal 25 Mei 2021 Perpustakaan Banyurejo Kapanewon Tempel mewakili Kabupaten Sleman maju  Lomba PerpustakaanUmum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021. Hadir dalam acara tersebut Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Dewan Yuri. Dalam sambutannya Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan  akan terus mengembangkan dan memberdayakan perpustakaan karena perpustakaan yang representative akan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan. “ Sangat penting dalam membangkitkan minat baca untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Apabila sudah terbiasa dengan kebiasaan membaca, akan mudah untuk menyerap ilmu pengetahuan,” katanya.

Kepala Perpustakaan Banyurejo Sunarta, S.E. dalam presentasinya kepada Dewan Yuri menyampaikan visi misi Perpustakaan Banyurejo. Adapun Visi Perpustakaan Banyurejo adalah Banyurejo cerdas, berbudi luhur dan berbudaya. Dalam pelayananan kepada masyarakat Perpustakaan Banyurejo mempunyai Motto “ Perpustakaan Sahabat Pintar Keluarga”. Perpustakaan Banyurejo memiliki koleksi Buku 3.354 judul 6.496 eksemplar, Referensi 96 judul 194 eksemplar, E-book 49 judul, Alat Permainan Edukatif (APE) 16 jenis, Koleksi Braile 11 eksemplar, Audio Visual 38 judul.

Dalam melaksanakan promosi Perpustakaan Banyurejo menggunakan media sosial: facebook, instagram, youtube. Media massa, leaflet, sticker dan banner.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Yuri Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Sarwono menerangkan secara umum pihaknya tidak menemukan kekurangan di Perpustakaan Kalurahan Banyurejo Kapanewon Tempel. “ Kami hampir tidak menemukan kekurangan. Apa yang sudah ada, bisa lebih ditingkatkan lagi melalui program-program yang melibatkan masyarakat sebagai motivasi memajukan literasi,” katanya.

Perpustakaan Banyurejo bersaing dengan Perpustakaan Guntur Berdaya Kelurahan Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta. Perpustakaan Indika Kalurahan Sambirejo, Ngawen, Gunungkidul. Perpustakaan Cemerlang Kalurahan Ngawu, Playen, Gunungkidul. Dan Perpustakaan Sidodadi Kalurahan Hargomulyo Kokap, Kulon Progo untuk maju ke Tingkat Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *