Perpustakaan Banyurejo Mewakili Sleman pada Lomba Perpustakaan Kalurahan Tingkat DIY

Yogyapos.com (SLEMAN) – Perpustakaan Banyurejo mewakili Kabupaten Sleman berlaga pada Lomba Perpustakaan Kalurahan Tingkat Provinsi DIY, saat ini masuk dalam deretan 5 besar. Sejumlah persiapan tengah dilakukan dalam rangka melengkapi persyaratan untuk menghadapi Visitasi tim juri.

Kepala Perpustakaan Banyurejo, Sunarto SE mengatakan sebelum mengikuti lomba tingkat provinsi, pihaknya pernah mengikuti sejumlah perlombaan, dengan hasil menyabet juara 1 Perpustakaan tingkat Kapanewon/Kecamatan dan pada tingkat Kabupaten meraih  juara 2 di tahun 2019.

“Lalu kami diberi amanah untuk lomba tingkat provinsi, kebetulan kami mewakili Kabupaten Sleman, dan sudah maju ke 5 besar, pada Selasa tanggal 25 Mei akan ada visitasi perpustakaan yang akan meninjau ke sini, dengan harapan kami bisa juara satu dan nanti bisa mewakili DIY untuk tingkat nasional,” terang Sunarto kepada yogyapos.com, Rabu (19/5/2021).

Soal desain bangunan perpustakaan, kata dia, pengelola melengkapi dengan sejumlah fasilitas yang,  diantaranya bentuk bangunan gedung representatif seluas 50 meter persegi, sarana ibadah atau Mushola, toilet dan tempat parkir.

”Dalam ruang dibagi dua bagian yaitu ruang besar terdapat beberapa komputer, multimedia, televisi dan ruang buku yang didalamnya terdapat sekitar 1.500 koleksi buku, rak-rak, meja, serta dilengkapi Wifi bagi pengunjung dapat diakses gratis selam 24 jam,” katanya.

Dia berharap keberadaan perpustakaan dapat membantu masyarakat dalam mengakses informasi dan literasi untuk pengetahuan serta mendorong minat baca. Contohnya selama ini telah berlangsung kelas diskusi soal pengelolaan limbah plastik, masak-memasak dan juga terkait pengelolaan pariwisata yang dimiliki Kalurahan Banyurejo seperti Watu Jagal dan Lembah Si Cangkring di Padukuhan Jambeyan.

“Yang nanti dengan gemar membaca itu akan menimbulkan hasil karya sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan inovasi dari sisi ekonomi melalui pengetahuan yang didapatkan melalui perpustakaan, di lokasi wisata Watu Jagal dan Si Cangkring kita sediakan pojok buku, kami juga sedang menyusun buku sejarah Banyurejo dan Padukuhan dengan melibatkan dukuh-dukuh untuk menelusuri data-data terkait asal usul padukuhan,” tutur dia.

Pj Lurah Banyurejo, M Arif Rahman SIP memastikan bahwa sejumlah strategi tengah dipersiapkan untuk mengoptimalkan perpustakaan saat akan ditinjau tim Juri. ”Harapannya yang pertama dengan lomba ini merupakan bentuk suatu apresiasi dan dapat meningkatkan minat literasi di lingkungan Banyurejo,” katanya.

Sumber : Yogyapos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *